Jumat, 15 September 2017

Fotografi Dapat Dijadikan Lahan Bisnis

www.amikom.ac.id
 
Seiring dengan semakin berkembangnya teknologi digital, fotografi semakin banyak diminati masyarakat. Mulai dari hanya sekedar untuk mengabadikan momen, hingga dijadikan lahan untuk menghasilkan pundi-pundi uang. Peluang inilah yang dimanfaatkan oleh pengusaha fotografi dan fotografer freelance untuk membesarkan usahanya.
            Para fotografer sangat dibutuhkan pada sekarang ini. Pertumbuhan bisnis baru dalam bidang apapun menjadi penyebab hal tersebut. Perusahaan-perusahaan memerlukan jasa mereka untuk memotret produk untuk keperluan pemasaran. Selain itu juga, sebagian besar masyarakat sangat senang dipotret untuk diabadikan momen istimewanya.
            Bisnis fotografi sekarang ini bisa dibilang bisnis yang sangat menjanjikan dan menyenangkan untuk dijalani. Selain karena fotografi merupakan hobi yang dapat menambah penghasilan, banyaknya kebutuhan akan fotografi bagi masyarakat juga bertambah. Berikut beberapa peluang bisnis dalam bidang fotografi.
Wedding  dan Prewedding Photography
Memotret wedding atau prewedding sering menjadi batu loncatan kebanyakan fotografer untuk terjun ke dunia profesional. Menariknya, kebutuhan akan jasa foto pernikahan ini senantiasa ada dan jarang menyusut.
Meskipun kebanyakan orang sudah memiliki kamera, namun kebutuhan jasa profesional untuk mengabadikan momen berharga sekali seumur hidup ini selalu dilirik.
Semua orang pasti ingin momen pernikahannya tampil terbaik untuk bisa dikenang hingga hari tua. Oleh karena itu bagi kamu fotografer yang mulai serius mendalami ‘ilmu’, ini merupakan peluang kamu untuk menambah pundi-pundi dari hobi yang patut dicoba.
Jasa Food Photography
Semakin banyaknya restoran dan tempat makan yang dibuka, turut memberi satu peluang bagi kamu yang hobi fotografi, yaitu memotret makanan untuk klien rumah makan atau restoran.
Makanan kok difoto? Hehe mungkin ada beberapa yang bertanya seperti itu, padahal saat ini bisnis fotografi makanan sudah sangat menjamur.
Orang bisa dengan mudah memotret makanan di depannya dengan handphone ataupun DSLR, tapi menghadirkan foto makanan dengan kualitas tinggi serta layak dipajang di website resmi atau daftar menu restauran tidaklah sesederhana itu. Beragam teknik lighting maupun komposisi unik untuk membuatnya tampak lezat, harus dipikirkan seorang fotografer saat memotret makanan yang ada.
Memotret Untuk Company Profile Perusahaan
Ini merupakan salah satu peluang usaha fotografi yang bisa membuat kantong kamu tebal, bayangkan saja client kamu adalah perusahaan-perusahaan top nasional bahkan internasional.
Tentunya untuk bisa menembus pasar bisnis fotografi ini, kamu harus memiliki portfolio sendiri yang mumpuni, selain itu kamu juga harus jeli dalam membangun koneksi dengan konsumen maupun calon konsumen kamu nantinya.
Kemampuan seorang fotografer dalam mengkomunikasikan karyanya menjadi faktor penting di sini.
Memotret Model Untuk Majalah
Terbayang tidak dari hobi memotret model, tiba-tiba kamu diajak memotret untuk majalah atau sebuah event organizer? Makanya latihlah skill kamu jika memang kamu suka dengan foto model.
Siapa tahu kamu jadi official photographernya majalah sekelas Elle, kan keren tuh, atau kamu bisa juga menerbitkan majalah sendiri, tak perlu edisi cetakannya, toh sekarang versi pdf dari sebuah majalah juga populer dibaca banyak orang.
Memotret Still Photo Untuk Iklan Komersial
Pasti kamu tahu apa itu still photo. Jenis fotografi yang memotret benda mati hingga tampak keren ini banyak dipakai di berbagai poster iklan atau bahkan baliho dan billboard.
Agak mirip-mirip dengan seorang food photographer, bedanya untuk food tadi, tentu benda yang dipotret hanya sebatas makanan, sedangkan untuk still life komersial ini kamu bisa memotret apa saja. Mulai dari botol obat oma kamu sampe motor kesayangan sehingga tampil lebih garang.
Photobooth
Satu lagi buat kamu yang punya modal sedikit berlebih. Saat ini jasa photobooth sudah sama ramenya dengan jasa foto pernikahan.
Bagi yang mungkin belum familiar, photobooth adalah konsep studio foto langsung cetak yang dijadikan cinderamata dalam acara-acara, biasanya pernikahan ataupun acara resmi lainnya.
Semakin banyak orang yang memilih untuk membuat cinderamata dalam bentuk foto daripada harus sibuk menyediakan cinderamata dalam bentuk benda lainnya.
Ingat juga, jika photobooth ini tak hanya melulu soal kondangan nikah atau semacam itu. Jika kamu sudah cukup terkenal, bisa saja kamu diminta melayani photobooth di acara resmi instansi-instansi.
Beberapa hal yang penting untuk kamu sediakan selain alat fotografi umumnya (kamera,flash dll), kamu tentu harus mempersiapkan peralatan printer cetak foto dengan kecepatan mumpuni, untuk melayani cetak foto para tamu yang ada.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar