Jumat, 15 September 2017

PELUANG BISNIS ONLINE SHOP


 www.amikom.ac.id

Membahas tentang bisnis, pada masa sekarang ini banyak peluang bisnis yang menjanjikan. Seperti bisnis online, bisnis ini merupakan suatu peluang bisnis  yang sangat menjanjikan. Terbukti dengan banyaknya bisnis-bisnis online yang muncul dan mencapai kesuksesan.
Untuk memulai bisnis ini, seseorang tidak perlu mengeluarkan modal yang banyak bahkan bisa saja memulai tanpa modal. Oleh karena itu, bisnis ini cocok untuk para mahasiswa maupun para pelajar ssekolah yang mencari uang tambahan.
Peluang Usaha/bisnis adalah kesempatan yang dapat dimanfaatkan seseorang dalam menjual barang atau jasa kepada konsumen untuk mendapatkan keuntungan. Salah satu peluang usaha/bisnis yang sedang banyak ditemui pada masa globalisasi ini adalah online shop. Peluang bisnis ini terbilang cukup mudah dan murah untuk dijalankan ini mampu memberikan keuntungan besar bagi para pelaku usahanya.
Banyaknya orang yang menggunakan internet menjadikan peluang bisnis ini sangatlah tinggi. Apalagi masyarakat kita adalah masyarakat pengguna media sosial yang yang tinggi, hal ini dapat memudahkan para pengusaha untuk mempromosikan produk atau jasanya lewat media sosial yang ada.
Sebagai pengusaha tentu harus memikirkan dampak positif dan negatif dari usaha yang akan dijalani. Ada beberapa keuntungan ketika kita memiliki toko online, diantaranya yaitu:
  1. Target market yang sangat luas, tidak hanya konsumen dalam negeri tetapi juga luar negeri. Dengan kata lain target marketnya tidak terbatas ke seluruh dunia.
  2. Hemat biaya. Dengan menggunakan toko online Anda bisa memangkas biaya karyawan maupun penyewaan tempat/kantor. Hanya menyewa domain dan hosting, atau juga bisa gratis hanya menggunakan platform blogger.
  3. Informasi yang disampaikan bisa lebih banyak, sehingga konsumen dapat memperoleh gambaran yang lebih baik tentang produk/jasa yang Anda tawarkan.
Berikut adalah beberapa kekurangan dari jualan online, diantaranya :
  1. Teknik marketing yang agak sulit apabila tidak memahami
Meskipun terlihat mudah, namun tetap saja berjualan online membutuhkan bakat dan juga trik khusus dalam aplikasinya. Misalnya saja adalah bagaimana kita mempromosikan toko online kita, baik di media sosial maupun situs e-commerce. Teknik marketing dan penjualan ini bisa dipelajari, namun terkadang cukup sulit untuk dipahami, dan tidak bisa dilakukan secara instan.
  1. Butuh kemauan keras dan ketekunan
Bagi anda yang memiliki semangat juang dan juga ketekunan, serta kemauan yang rendah, ada baiknya anda jangan mencoba berjualan online. Meskipun terlihat mudah dalam mengaplikasikannya, namun apabila anda tidak memiliki semangat tinggi dalam membangun bisnis toko online, maka bisnis toko online anda tidak akan berjalan dengan mulus.
  1. Sabar dalam menghadapi pelanggan
Kesabaran dalam menghadapi pelanggan juga harus bisa kita latih sebagai penjual toko online. Banyak pelanggan yang cerewet dan juga banyak bertanya dan juga banyak melakukan complain, sehingga sangat mengganggu kenyamanan kita sebagai seller.
  1. Rawan akan penipuan
Penipuan merupakan salah satu penyakit yang paling sering terjadi pada sistem jual bel online, baik menggunakan mesia sosial maupun e-commerce.






Tidak ada komentar:

Posting Komentar